oleh

Bangun Kesadaran Ekologis Generasi Milenial, Hutan Dan Air Wujud Kepedulian PB INSPIRA

BOGOR, Dalam rangka memperingati Hari Hutan dan Air Sedunia, Pengurus Besar Inisiator Perjuangan Ide Rakyat (PB INSPIRA) menggelar Seminar Nasional dan sejumlah rangkaian perlombaan yang melibatkan ratusan milenial dari berbagai daerah di Indonesia, dengan menjaga ketat protokol kesehatan (prokes).

Seminar yang diselenggarakan di Lord International Hotel, Sentul Bogor, pada hari Jumat 26 Maret 2021 ini, mengusung tema besar “World Forest and Water Day : Conserving Forest and Water For Life.

Dalam kegiatan tersebut, turut mengundang sejumlah Tokoh Nasional seperti, Ketua MPR RI, H. Bambang Soesatyo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Pakar Lingkungan yang concern dengan Hutan dan Air seperti Dr. Aceng Hidayat dan Prima Gandhi.

Ketua Umum PB INSPIRA, Rizqi Fathul Hakim menyebut, kegiatan Seminar Nasional yang bertema, Hutan dan Air ini adalah wujud kepedulian PB INSPIRA dalam upaya membangun kesadaran ekologis di tengah-tengah masyarakat, khususnya Generasi Milenial.

Baca Juga  Guna Wujudkan Masyarakat Sejahtera Dan Religius, Pemkab Bogor Jalin Kesepakatan Kerjasama Dengan Pemkot Bengkulu

“Momentum Hari Hutan dan Air Dunia yang jatuh setiap tanggal 21 dan 22 Maret ini tidak boleh berlalu begitu saja,” ungkapnya.

Tambahnya, mengatakan, momentum ini harus menjadi penanda kebangkitan untuk generasi milenial dalam menjaga, ataupun merawat hutan dan air Indonesia agar tetap lestari.

“Melalui Seminar Nasional ini, kita berharap masyarakat Indonesia mampu keluar secara perlahan dari sejumlah problem ekologis seperti, kebakaran hutan, banjir, longsor hingga pencemaran sungai,” tuturnya terkait hal tersebut. 

Selanjutnya disisi lain, tambahnya, mengatakan, seminar ini diharapkan juga mampu memberikan tawaran paradigmatik untuk masyarakat luas agar lebih bijaksana dalam menyikapi Hutan dan Air di Indonesia.

Baca Juga  Satu Orang Pegawai Kecamatan Dramaga Terpapar Covid-19, Ivan Pramudia : Ini Hasil Swab, Makanya Kantor Kecamatan Sementara Saya Tutup Dulu

Sementara itu, menurut Sekjend PB INSPIRA, Dinal Gusti, selain menyelenggarakan Seminar Nasional, PB INSPIRA juga menginisiasi serangkaian kampanye ekologi yang dikemas dengan perlombaan.

Tambahnya, melalui Lomba menulis karangan ilmiah, vloging hingga lomba fotografi, PB INSPIRA berharap mampu menanamkan nilai-nilai ekologis kepada generasi milenial.

“Selain Seminar tentang hutan dan air, kami juga membuat serangkaian perlombaan yang senafas dengan isu yang kami usung dalam seminar,” tuturnya.

Harapannya kegiatan perlombaan ini, mampu menggugah kesadaran ekologi milenial agar mereka memiliki komitmen yang kuat dalam menjaga lingkungan, khususnya dalam menjaga hutan dan air.

Teknis perlombaan ini cukup mudah diterima dalam situasi Pandemi yang membatasi ini.

“Para peserta cukup mengirimkan karya tulis, video kreatif dan hasil foto mereka ke email PB INSPIRA,” katanya.

Baca Juga  Harus Gercep! Diduga Berleha-leha Di Masa PPKM Darurat, Bupati Bogor Usut Tuntas Puskesmas Situ Udik

Tambahnya, mengatakan, untuk waktu pelaksanaan kegiatan lomba ini berlangsung selama dua pekan. “Dan kami telah sediakan hadiah-hadiah menarik bagi para pemenang,” ungkapnya.

Di akhir kesempatan, Ketua Pelaksana kegiatan, Hafiz Azami, mengapresiasi seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan jalannya kegiatan ini.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung kegiatan ini, sejumlah tokoh Nasional seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Ia menambahkan, berkat doa dan dukungannya kami bisa selenggarakan kegiatan ini dengan baik. “Semoga kegiatan ini, mampu memberi inspirasi bagi masyarakat luas, dan juga para penggiat lingkungan di Indonesia,” pungkasnya.

Reporter Bogor:   Wieragus Virmala

Komentar

News Feed