oleh

Jelang Bulan Ramadhan Harga Cabai Rawit Merah Melonjak

BOGOR, Harga Cabai rawit merah naik, menjelang bulan puasa Ramadhan. Kenaikan harga cabai rawit merah menjadi 110 ribu per kilogram, bahkan diperkirakan bisa mencapai hingga 120 ribu per kilogramnya, dari harga pasaran normal hanya seharga 35 ribu per kilogramnya. Tiga kali lipat dari harga normal. Harga per kilogram cabai rawit merah ini, hampir setara dengan harga daging sapi per kilogramnya.  

Seperti yang disebut para pedagang rempah, sayuran, bumbu dapur dan lauk pauk di Pasar Dramaga.

Pasar Dramaga, merupakan pasar tradisional, yang berada dipertigaan Jalan Dramaga, Cieherang dan Ciebereum. Adapun lokasi pasarnya tersebut, berada di Jalan Dramaga, Kelurahan Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupatan Bogor Barat.

Selain pedagang, pasar dramaga selalu banyak pengunjung atau pembeli. Apalagi di pagi hari.

Baca Juga  Bersama SCI, Pemeran Bu Dosen Sinetron Tukang Ojek Pengkolan Kunjungi Gallery Rav House

Informasi seorang warga setempat, Omen mengatakan, dulu nama pasar dramaga terkenal dengan sebutan pasar jumat. “Ya warga sering menyebut pasar tersebut pasar jumat, dikarekan pasar ramainya di hari jumat saja, selain itu, tambahnya, disini juga terkenal akan manisan buah pala serta beraneka ragam manisan buah lainnya,” jelas Omen.

Sementara itu, Seorang pedagang pasar Herul, menyebut cabai rawit merah naik dikarena, fakor keadaan cuaca, yaitu musim hujan terus menerus atau penghujan, membuat banyak para petani cabai gagal panen, hingga membuat langka cabai sulit didapat. Oleh karena itu, membuat harga cabai rawit merah menjadi melonjak naik saat ini.

“Ya mau gak mau, kita jual dengan harga segitu, per kilogram 110 ribu, bahkan ada yang jual 120 ribu per kilogramnya,” ungkap herul pedagang sayur serta bumbu dapur, dan lauk pauk itu, kepada awak Media, pada Selasa, (30/3/2021).

Baca Juga  Jelang Milad BCR Ke-5 Tahun, Komunitas BCR Bagikan 100 Boks Takjil Di Bulan Suci Ramadhan

Sementara, untuk harga bahan pokok lainnya juga ikut naik, seperti tomat, bawang merah, bawang putih, sayuran dan bumbu dapur. 

Tambahnya, harga lauk pauk seperti, daging sapi, ayam, ikan pun naik. Harga naik menjelang bulan puasa Ramadhan. “Ya kalau daging per kilogram jadi 140 ribu dari harga 110 ribu per kilogramnya, Ayam per kilogram jadi 50 ribu dari harga 35 ribu per kilogramnya, begitu juga dengan ikan naik harganya,” ungkap Herul.

Selanjutnya, di tempat terpisah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPDP) Kabupaten Bogor, Nuradi SH. MH. menyatakan dalam waktu dekat, menjelang waktu puasa Ramdhan tiba, pihaknya beserta jajaran terkait akan meninjau dan mengambil langkah poaitif, agar daya beli masyarakat banyak tetap terjangkau dan suksesnya pelaksanaan puasa Ramadhan Tahun ini.

Baca Juga  Peringati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW Dan Tarhib Ramadhan 1442 H Berjalan Khusu Dan Tertib

Nuradi SH. MH. mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera melaksanakan kegiatan operasi pasar, hal itu dilakukkan guna mengetahui situasi harga bahan pokok makanan, seperti lauk pauk, daging dan lainnya saat ini.

Dan selanjutnya, Ia menambahkan, akan bersilaturahmi ke para pedagang serta bertemu dengan komunitas yang bergerak di pasar-pasar dilingkungan wilayah di Kabupaten Bogor,” jelasnya, kepada awak Media, saat di wawancara di tempat ruang kerjanya.

Tambahnya, hal tersebut dilakukan guna mengetahui informasi dan mengevaluasi kegiatan operasi pasar. “Untuk menentukkan arah yang terbaik, koundusif bagi kelangsungan pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan Tahun ini,” ungkapnya. Pungkasnya.

Reporter Bogor: Wieragus Virmala

Komentar

News Feed