oleh

Mei, Kota Sukabumi Alami Inflasi 0,09 Persen

SUKABUMI,Fokussatu.id– Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi mencatat, nilai inflasi pada bulan Mei 2021 sebesar 0,09 persen.”Bulan Mei kemarin, nilai inflasi Kota Sukabumi berada diangka 0,09 persen, dengan Indek Harga Konsumen (IHK) sebesar 106,61,”ujar Asisten Daerah (Assda) II, Bidang Pembangunan dan Perekonomian Pemkot Sukabumi, Cecep Mansur. Rabu, (23/6/2021).

Cecep Mengatakan, inflasi terjadi dikarenakan, adanya kenaikan harga di beberapa kelompok pengeluaran. Diantaranya, kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,03 persen, kemudian kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,15 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,01 persen, dilanjut dengan kelompok transportasi sebesar 0,22 persen, dan kelompok penyediaan makanan dan minuman (restoran) sebesar 0,45 persen.

Cecep mengungkapkan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi, perkembangan harga berbagi komoditas pada bukan Mei tersebut, secara umum menunjukan adanya kenaikan. Diantarnya, telur asin, petai, kentang, bawang bombay, kendaraan rental, tukang bukan mandor, dan susu bubuk untuk bayi.”Memang pada bulan Mei itu, berbagai komoditas alami kenaikan harga, atau terjadi kenaikan IHK dari 106,51 pada bulan April 2021, menjadi 106,61 pada Mei 2021,”ungkap Cecep.

Baca Juga  Visi-misi Yandra Pertegas Status KNPI Kabupaten Sukabumi

Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi, adalah kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,03 persen, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,34 persen, dan kelompok perawatan pribadi, dan jasa lainya sebesar 0,34 persen.”Tapi, disisi lain terdapat dua kelompok pengeluaran yang tidak alami peruahan indek harga. Yaitu, kelompok rekreasi dan pendidikan,”pungkas Cecep. rian

Komentar

News Feed