oleh

Pengelola Tempat Wisata Dilatih Mitigasi Bencana

SUKABUMI,Fokussatu.id– Masih minimnya sarana prasarana infrastuktur mitigasi bencana di tempat wisata seluruh Kota Sukabumi. Badan Penanggulangann Bencana Daerah (BPBD) setempat, berikan pelatihan kepada puluhan pengelola tempat wisata.

“Dari situlah kita brinisitif untuk memberikan pelatihan kepada 40 pengelola tempat wisata, sehingga ketika ada bencana setidaknya mereka tahu langkah apa yang harus dilakukan,”ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota SUkabumi Imran Wardani, didampingi oleh Kasi Kesiap siagaan, Dzulkarnaen Barhamy, disela-sela kegiatan pelatihan, kamis, (24/6/2021)

Dikatakanya, praktek lapangan ini diawali dengan pengenalan potensi bahaya di tempat usaha wisata, dilanjutkan dengan teknik menggambarkan tingkat bahaya yang sering terjadi dan mungkin terjadi sesuai karakter destinasi wisatanya.”Selain itu juga kita latih cara penyelamatan korban, teknik evakuasi korban bencana, dan insiden lainnya yang kerap dialami terjadi diajarkan dalam event ini,”terangnya.

Baca Juga  Perolehan Pajak Daerah Kota Suakbumi di Semester Satu Mencapai 51 Persen

Dzulkarnaen menambahkan, pada situasi saat ini, aksi wisata merupakan favorit semua warga kota, sehingga kepastian keamanannya dari segala jenis bahaya menjadi perhatian serius. Keselamatan jiwa harus diutamakan demi kenyamanan pengunjung wisata sesuai prinsip sapta pesona melalui membekali pengelola mempraktekkan kemampuan P3K di lapangan, kemampuan pengelola menjalankan SOP yang dibuat harus ditunjukkan dan diujicobakan demi mengurangi risiko bilamana bencana atau insiden lainnya terjadi.”

Diharapkan, kedepan secara bertahap, pelaku usaha wisata mampu menerapkan standar keselamatan yang baik dengan safe guard darurat yang kapabel, jalur evakuasi, titik kumpul, rambu dan papan informasi bahaya, serta sistem peringatan bahaya yang informatif,”ungkapnya.

Baca Juga  Wali Kota Sukabumi Raih Penghargaan MKK Dari BKBBN

Sedangkan jumlah bencana sampai dengan tanggal 17 di bulan Juni 2021 sebanyak 22 kejadian. Terdiri dari 16 bencana akibat cuaca exstrem, longsor berjumlah 4 kejadian, dan dua kejadian dikaibatkan banjir. rian

Komentar

News Feed