oleh

Pembangunan Hotel SMK Citra Pariwisata Kota Bogor Education Resort & Counvation

BOGOR, Foksat.id – Pembangunan Hotel untuk Education ini harus tetap dilaksanakan. Hal ini guna sebagai penunjang tambahan untuk ilmu pengetahuan peserta didik dilingkungan SMK Citra Pariwisata Kota Bogor, yang berlokasi di Jalan Kabayan, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan.

Kepala Sekolah SMK Citra Pariwisata Sutisna. Spd. MM menyebut, untuk kedepan direncanakan bangunan Hotel 3 Lantai ini akan berdiri didalam Area lingkungan Sekolah Citra Pariwisata Kota Bogor.

Dia juga menuturkan, Hotel ini lengkap dengan Fasilitas yang setara dengan Hotel Bintang 4 pada umumnya. “Bangunan Hotel terdiri dari 3 lantai, untuk lantai 1 terdiri dari Ruang Lobby dan Restoran, ditambah dengan ruang Coffe Shop, sehingga anak-anak peserta didik bisa belajar, mengetahui dan memahami arti dan fungsi dari Front Office,” ungkapnya kepada Wartawan Fokussatu.id, Rabu, (7/7/2021).

Untuk jurusan pendidikan Restaurant dan Food and Beverice, kata Sutisna, akan ditambah Materi pengajaran berupa Materi Barista.

“Apa yang dimaksud dengan Barista? Barista adalah Profesi Profesional Pembuat Coffee, mengingat Barista saat ini sedang booming dikalangan kaum remaja kita,” ujarnya.

Baca Juga  Batasi Mobilitas Masyarakat Di Tengah Tingginya Kasus Positif Covid-19, Pemkot Bogor Kembali Terapkan Gage Dan Perketat Prokes

Selanjutnya Sutisna menambahkan, dengan pengajaran tambahan Barista ini peserta didik akan dibekali dengan ilmu dan skill. “Sehingga mereka bisa menciptakan dan membuka lapangan pekerjaan sendiri (kemandirian untuk berusaha) disaat lulus nanti,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sutisna menyebut, untuk dilantai 2 Hotel, akan dilengkapi dengan Fasilitas 8 ruang kamar tidur yang terdiri dari 4 kamar Hotel setara dengan Hotel Bintang 4 The Lux dan 4 buah kamar Hotel The Sweet Room, lengkap dengan balkonnya.

Masih kata Sutisna, untuk dilantai 3 Hotel akan dilengkapi dengan Ruang kamar Ball Room dan Meetting Room dengan Luas ukuran 11 x 25 M2.

“Untuk dipergunakan sebagai ruang Rapat, Seminar, Weading, Resefsi, Work Shop lengkap dengan layar monitor dan penunjang peralatannya. Secara keseluruhan Konsep Hotel kami berupa Education Resort karena berada didaerah Pesawahan Pedesaan,” ujarnya.

Baca Juga  Lisnawati WPP Beserta Tim Bogor Gercep, Gelontorkan Sejumlah Paket Sembako Bupati Bogor Bagi Warga Isoman di Kecamatan Dramaga

Selanjutnya, Sutisna juga menyebut, Hotel ini berjenis Counventation karena mempunyai Room yang Besar, Revresentatif nyaman dan aman.

“Anak didik kami akan dididik dan diajarkan bagaimana cara mengelolah, melayani usaha Perhotelan. Untuk mewujudkannya kami akan bekerjasama dengan beberapa Asosiasi Profesi, Praktisi, sehingga yang beliau-beliau bisa mengajarkan anak didik kami,” paparnya.

Materi pembelajaran Perhotelan untuk anak didik kami tersebut, lanjut kata Sutisna, bukan hanya didapat dari Guru Pengajar tetapi mendapatkan tambahan dari para ahli Profesi, Praktisi dibidang Perhotelan. “Para Profesi dan Praktisi Perhotelan ini akan kami undang secara Priodik, kami bersinergi dengan Program Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia serta kami bersinergi juga dengan Program Visi dan Misi Kementrian Pariwisata Republik Indonesia,” beber Sutisna.

Sutisna menambahkan, Prosesi Pembangunan Hotel Education ini mendapatkan bantuan dana anggaran dari Pemerintah, baik fisik, peralatan, untuk total anggaran sebesar Rp 3 Milliar, serta didukung bantuan dana Sharing anggaran dari Yayasan Cerdas Insani Batutulis Kota Bogor sebesar Rp 4 Milliar.

Baca Juga  Putus Mata Rantai Penyebaran, Camat Dan Kepala Desa Dramaga Bogor Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

“Yayasan ini yang mengelolah SMK Citra Pariwisata, hingga detik ini kami masih menunggu proses bimbingan teknis, sehingga kita akan mengetahui proses pencairan dana bantuan tersebut. Saat ini terhitung dari Bulan Juli 2021 kami sudah mencuri star sehingga pada saatnya nanti pelaksanaan pembangunan Hotel Education yang ditargetkan selesai selama 9 Bulan ini dapat berdiri sesuai harapan,” ungkapnya.

“Alhamdullilah alokasi dana saat ini untuk pembangunan Hotel Education, kita dibantu oleh dana sharing dari Yayasan Cerdas Insani Batutulis, kita berdoa semogga dana bantuan dari Pemerintah segera terrealisasi sesuai aturan dan rencana kerja yang benar, agar kelak berdirinya Hotel Education ini dapat keberkahan dari Allaah S.W.T. Aamiin Ya Robbal Alamin,” tutupnya Sutisna. Spd. MM. [LKS]

Laporan : Dian Lukas

Editor : Wieragus Virmala. Amd

Komentar

News Feed